Senin, 26 Februari 2018

Buruk

14 Februari 2018 yang lalu, merupkan tanggal yang paling gak bisa gua lupain dalam sejarah hidup gua. Bukan karena Valentine. Demi apapun, Valentine gak pernah jadi hari spesial buat gua. Jadi, tanggal 14 Februari 2018 yang lalu, gue dapet kejadian yang mengubah pikiran gua sekaligus haluan hidup gua.
Jadi kejadian ini bermula ketika tangl 13 Februari 2018 gua ngasih tau mama gua but pembayaran uang kuliah. Demi apapun gua niatan cuman ingetin doang, kalo deadlinenya sampe tanggal 16 Februari 2018. Gua gak ada niatan buat nge-push mama gua buat bayar uang kuliah gua tepat waktu. Gua juga nyelipin kata-kata “kalo gak bisa bayar tepat waktu gapapa ma, biar dicatet aja namanya”. But I know whatmy mama think. Besoknya mama minta gua buat bayar uang kuliah ke kampus bareng sama gua.
Sebenernya, waktu mama ngambil duit di ATM buat bayar uang kuliah gua, mama gua cerita sama sodara gua yang lagi bertamu ke rumah. Mama gua cerita kalo perekonomian keluarga gua lagi bener-bener anjlok. Mama stopin asuransinya yang udah berjalan setengah jalan. Pembanguan rumah gua bagian belakang juga diberentiin, akibat ekonomi lagi bener-bener seret. Apalagi gua hari itu bayar uang kuliah. Semua cerita mama ke sodara, gua dengerin. Gua itu tipe orang yang bener-bener pemikir. Gak!gua gak pinter pelajaran. Gua emang orangnya tuh serba dipikirin tapi karna kebanyakan mikir itulah yang bikin gua jadi gampang stress.
Singkat cerita pas tanggal 14 Februari 2018, selepas gua dan mama bayar uang kuliah ke kampus, mama seperti biasanya kerja di lapo. Gua balik ke rumah. Di rumah gua mikirin semuanya. Sampe masalah yang seharusnya gak gua pikirin, jadi ikutan gua pikirin. Gua sampe nangis kalo udah mikir panjang dan ujung-ujungnya sters dan gak bisa kendaliin emosi. Akhirnya ujung dari pemikiran gua adalah, gua memutuskan untuk “stop kuliah” really guys its not easy choice for me. Tapi gimana lagi. Uang kuliah gua per semester 4jt. Dengan keadaan ekonomi gua yang kaya gini? Rasanya mustahil. Setelah gua dapet pemikiran kaya gitu, gua langsung ketik sms ke mama. Kenapa gua sms. Karena gua bukan tipikal yang kalo ngomong sama mama biasa-biasa aja. Gua kalo ngomong serius sama mama, gak pernah gak nangis, pasti selalu nangis. Jadi gua mending ketik aja apa yang mau gua sampein. Kurang lebis sms gua ke mama kaya gini “ma, Rina malu mau ngomong ini sama mama. Rina liat keadaan ekomomi keluarga kita, makin lama-makin merosot. Rina kepikiran buat kerja dulu aja. Gimana ma? Kalo mama setuju biar Rina cari kerja aja.” Gua kirimlah sms itu dengan perasaan ketar-ketir. Pas udah ke kirim, gua nunggu balesan dari mama. 15 menit, setengah jam, sejam, ko belom ada balesan yah? Biasanya mama selalu bales sms gua. Eh tiba-tiba hp gua bunyi. Pamggilan dari mama. Gua udah ketar-ketir banget ngangkatnya. Saat gua spot jantung, ternyata mama di telpon, cuman mau ingetin gua kalo harga obat “pondstan” satunya 2.500. ohh maaan, mama baca sms gua gak sihhh???
Malam harinya pas mama pulang dari lapo, gua nanya ke mama udah baca sms gua apa belom, dan ternyata sms gua gak nyampe. Pantesan. Gua tunjukinlah sms gua ke mama. Gua liat reaksi mama gimana. Mama nanya maksud gua apa. Gua jelasin lagi. Sebenernya gua bukan bener-bener berhenti kuliah. Gua niatan mau pindah ke tempat kuliah yang biayanya terjangkau dengan uang penghasilan gua, kalo gua sambil kerja. Kebetulan gua punya beberapa temen yang kuliah di tempat yang gua maksud. Karena gua tipikal yang langsung gerek, gua udah nanya-nanya dan cari tau lewat website. Gua selalu serius dengan yang ada dipikiran gua. Jujur, ambil keputusan kaya gini tuh berat banget. Tekanannya banyak. Gua kalo kaga kuat iman mah, gak tau lagi jadi apa. Puji Tuhan gua masih rasional, meskipun sedikit sters. Coba jadi gua, anak pertama, adek gua yang pertama bentar lagi masuk SMA. Adek gua yang ke dua mau masuk TK. Demi apapun gua si kaka-an, gak mau adek-adek gua terbengkalai cuman karna kuliahin gua doang. Holly shit! Kaka macam apa gua? Kurang lebih, gua ngutarain kaya gitu ke mama. Dan jawaban mama bikin gua tambah tertekan dan stress. Jawabannya adalah “nanti ajalah dipikrin lagi, kalo udah mentok”.
Malam harinya, gua nangis di kamar. Hari itu menjadi hari gua paling down. Sebenernya factor gua mau berhenti kuliah di tempat gua sekarang, bukan cuman karena alas an ekonomi. But for sure, alas an ekonomi, jadi alas an utama gua. Alas an pengikutnya adalah, satu semester gua lewatin, rasanya gua gak bisa nemuin makna kuliah itu apa. Rasanya kaya masih di SMA. Yang gua lakuin di kampus cuman kuliah-pulang, kuliah-pulang. Gua tau ko masalahnya bukan di siapapun, tapi di diri gua sendiri. In fact, gua masih belum terima kenyataan gua kuliah disitu bisa dibilang gua nyesel. Gua betanya-tanya kenapa hidup gua penuh dengan penyesalan. Pas SMA, gua harus ngabisin 3 tahun dengan berkubang dalam jurusan yang sama sekali bukan passion gua. Sekarang? Ok! Mata kuliahnya gua fine-fine aja. But, gua sama sekali gak bahagia. Sama sekali. Gimana caranya gua bisa terima semua? Gua boleh gak sih bersikap sedikit egois aja? But, I cant. Gua gak bisa egois, hidup gua udah terlalu hancur. Cukup hidup gua yang hancur, tapi dengan menjadikan mama dan adek-adek gua korban ke-egoisan ggua. Sorry gua gak sekuat itu ngelakuinnya. Lagi dan lagi, gua harus neken perasaan gua sendiiri.kurang lebih itu yang gua pikirin semalem suntuk sambil nangis-nangis. Temen gua nge-WA gua, dan bilang kalo dunia tuh gak cuman berputar pada isi kepala gua doang. Katanya gua terlalu memikirkan semuanya. Let it flow aja. Gua maunya kaya gitu. Tapi perasaan ini bener-bener bikin gua haru berpikir harus kaya giamana.
Kalo dikasih satu permohonan sama Tuhan, gua cuman minta satu “tolong buat keluarga gua sejahtera” gua mungkin bisa nahan 3 tahun lagi, hidup dalam penyesalan. Tapi liat keluarga gua susah? Itu bikin gua gak bisa ngapa-ngapain.
Dear me,
Rina, kamu sedah melakukannya dengan benar. Ayo semangat lagi! Perjalanan ini masih sungguh panjang. Kamu adalah wanita kuat dengan pemikiran hebat dan cemerlang. Kamu harus bersyukur diberikan otak seperti itu oleh Tuhan. gunakan lah untuk berpikir hal-hal positif. Hal-hal negative hanya akan merusak pemikiranmu. Tuhan sudah sediakan yang terbaik.

Love me. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar