Selasa, 13 Februari 2018

Valentine

Happy Valentine buat semua yang merayakan. Gak kerasa 19 tahub gua hidup dan melewati setiap tgl 14 Februari, dengan cuman mengatakan "Selamat Hari Valentine yah" tanpa pernah diucapin balik, or dikasih coklat kaya orang kebanyakan. Seriouslu. 19 tahun gua hidup, selama itu pula Valentine gua lewatin tanpa pernah dikasih coklat. Kalo denger temen-temen gua cerita tentang pengalaman Valentine mereka, gua rasanya sangat iri. Mereka gak ada pacar padahal, sama kaya gua. Tapi mereka bisa dapetin coklat bahkan bunga dari siapa tau. Bukannya gua berharap dapetin bunga dari someone, tapi dari temen-temen or anyone dah. Biar keliatan Valentine gua tuh berkesan dikit, dan punya cerita yang bisa dibagi ke temen-temen kalo ditanya "how your Valentine".

Tapi semua pemikiran itu, cuman bertahan sampe gua SMA ko. Semakin hari gua menyadari kalo Valentine mungkin identik dengan coklat dan bunga sebagai lambang kasih sayang. Bisa dari pacar, gebetan, crush, temen, sahabat, kaka, adek, orang tua, atau siapapun. Tapi yang jadi masalah adalah, ketika lo gak menghargai diri lo sendiri, dengan meratapi nasib yang gak dikasih-kasih coklat dan bunga dari siapapun
 Itulah fakta yang terjadi pada gue selama gua belum sadar. Valentine yang harusnya jadi peringatan hari kasih sayang, justru berubah jadi peringatan hari termiris buat hidup gua. Tapi semenjak gua sadar, dan memikirkan hal ini berkali-kali, gua menemukan bahwa gua gak butuh seseorang buat ngasih gua coklat atau bunga. I think im not really need it. Kebanyak hari Valentine menjadi ajang ngumpulin coklat dan bunga sebanyak-banyaknya. For what? Buat buktiin lo banyak yang sayang? Mungkin jumlah coklat dan bunga itu nunjukin seberapa banyak yang sayang sama lo. But, di hari Valentine lo cuman menerima kasih sayang? Tanpa menyebar kasih sayang? Lo cuman pamer kasih sayang? Tanpa nunjukin kasih sayang? Itulah yang gua pelajari dari keterpurukan gua. Valentine bukan cuman soal coklat dan bunga. Gua gak bilang itu salah ya. Gak munafik lah gua juga mau dikasih coklat atau bunga. But, hal itu bukan lagi menjadi fokus utama peringatan Valentine buat gue. Tapi menebar kasih sayang ke orang-orang sekeliling kita. Sebenernya menebar kasih sayang gak harus tanggal 14 Februari. Semua hari, harus menjadi hari kita untuk menebar kasih sayang. But maybe tanggal 14 Februari ini, menjadi the day nya bagi hari kasih sayang.

Sekian sharing gue tentang Valentine.
Mari menebar kasih sayang untuk sesama

Happy Valentine everyone

Rina Tumiar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar