Jumat, 18 Mei 2018

RESENSI BUKU KIAT MENJADI PENULIS KREATIF & PRODUKTIF


RESENSI BUKU KIAT MENJADI PENULIS KREATIF & PRODUKTIF


Judul Buku                  : Kiat Praktis Menjadi Penulis Kreatif                                                dan Produktif
Penulis                         : Heru Kurniawan
Penerbit                       : Checklist
Tahun Terbit                : 2018
Jumlah Halaman          : 212
Ukuran Buku               : 14 x 20,5 cm
Harga Buku                 : Rp.50.000,00-,

Menulis dewasa ini menjadi peluang yang menjanjikan. Selain sebagai hobi, menulis dapat menjadi lahan untuk mendapatkan pundi-pundi yang menguntungkan. Banyak orang menganggap menulis sebagai kegiatan yang sulit dilakukan, karena berkaitan dengan kreatifitas, imajinasi dan melibatkan ketekunan. Padahal kegiatan menulis sebenarnya bukan hal sulit ketika kitamau menekuni dan serius di dalamnya. Menulis bukan hanya menjadi keuntungan semata untuk kita, namun tulisan kita dapat bermanfaat bagi orang yang membacanya. Buku “Kiat Praktis Menjadi Penulis Kreatif dan Produktif “ patut diresensi karena buku ini menjawab semua kebutuhan masyarakat akan kegiatan menulis. Dimulai dari bagaimana menemukan ide kreatif, hingga membuat tulisan kita menjadi keuntungan.
            Sang penulis Heru Kurniawan lahir di Brebes, 22 Maret 1982. Telah menulis lebih dari 25 buku, mulai dari buku ilmiah, ilmiah populer, sampai buku bacaan dan aktivitas anak. Heru Kurniawan mendedikasikan buku Kiat Praktis Menjadi Penulis Kreatif dan Produktif bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia penulisan. Tujuannya, dengaan menguasai banyak keterampilan menulis, kita akan menjadi penulis yang lentur dan sukses. Dengan begitu karya kita akan banyak peluang untuk dipublikasikan di mana pun. Sehingga peluang mendapatkan eksistensi dan materinya pun terbuka luas.
   Isi buku Kiat Rraktis Menjadi Penulis Kreatif dan Produktif, sudah terbilang lengkap. Penulis menjelaskan setiap tahapan secara rinci dari awal hingga akhir. Tahapan menulis pasti dimulai dari mencari ide kreatif atau gagasan tentang suatu masalah. Penulis menuliskan bahwa berpikir kreatif berarti jawaban yang keluar dari batasan, pengertian, jajahan, dan berbeda dari kebanyakan orang.
Jenis-jenis penulisan yang dapat dipelajari dari buku ini antara lain ; Menulis cerita anak, Menulis Pengalaman Parenting, Menulis Resensi, Menulis Dongeng, Menulis Puisi. Substansi isi buku yang terbilang cukup lengkap. Bahasa yang digunakan sangat komunikatif  praktis dan Ekspositif. Pembaca seolah-olah sedang bertemu langsung dengan penulis. Anda tidak dipusingkan dengan teori-teori yang amat banyak. Hanya beberapa teori yang disederhanakan dan dibuat dengan bahasa yang praktis dan mudah dipahami. Hal-hal penting dalam buku ini sudah ditandai sediri oleh sang penulis, dengan tanda merah muda.
Pada setiap akhir bab, penulis menyediakan space khusus untuk latiahan. Tidak hanya itu saja, kita dapat mengirimkan hasil tulisan kita ke email penulis atau di KMKO untuk mengonsultasikan hasil tulisan kita.
Kelebihan lainnya dari buku ini adalah, adanya rekomenasi penerbit-penerbit dan media massa berikut dengan kualifikasinya, tempat kita akan mempublikasikan tulisan kita. Seperti tertera pada halaman 67. Tidak hanya itu saja, penulis juga melengkapi data mengenai royalty yang kita terima apabila kita memasukkan tulisan kita ke salah satu penerbit.
Namun, ada sedikit kelemahan pada buku ini. Kelemahan buku ini terletak pada contoh yang tidak korelasi pada halaman 33. Dimana kasusnya adalah, ‘Andi kehilangan bukunya dan yakin diantara kedua temannya ada yang mengambil bukunya’. Penulis hanya memberikan pola penyelesaian masalah, tanpa memberikan contoh nyata kisah pemecahan masalahnya. Kemudian penulis menuliskan contoh tentang Budi yang somboh, padahal awalnya penulis sedang membicarakan pemecahan masalah ‘Buku Andi yang hilang’.
Keseluruhan isi buku ini sangat baik dan bagus untuk dibaca dan langsung dipraktikkan bagi Anda yang ingin dapat menulis dengan kreatif dan produktif. Terutama bagi anda yang tidak menyukai bahasa yang terlalu kaku dan materi-materi yang memusingkan, buku ini sangat cocok bagi Anda. Anda seakan terlibat langsung dengan Penulis dan seakan-akan sedang berkonsultasi langsung dengan penulis. Ayo segera miliki buku ini dan segera menjadi penulis hebat!!!!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar