Sabtu, 09 Desember 2017

Implementasi/ Penerapan Sistem Informasi pada Industri Penerbitan dan Percetakan

Kata Pengantar
Puji serta syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan kasih karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah “Implementasi/ Penerapan Sistem Informasi pada Industri Penerbitan dan Percetakan” ini.
Sistem Informasi menjadi bagian terpenting dalam perkembangan dunia globalisasi, dewasa ini. Industri penerbitan dan percetakan pun, tidak terlepas dari pemanfaatan Sistem Informasi. Untuk itulah, makalah ini kami susun, guna menginformasikan implementasi/penerapan sistem informasi pada industri penerbitan dan percetakan.
Kami juga berterimakasih kepada bapak Iis Kandar, Se., MMSi. Sebagai dosen mata kuliah Sistem Informasi, yang turut membantu dalam penyususan makalah ini, sehingga menjadi tersusun sedemikian rupa. Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyususan makalah ini. Kami berharap makalah ini dapat memberi manfaat dan informasi kepada pembaca. Selain itu, kami juga berharap mendapat nilai yang baik dapam materi penyususan makalah ini.



Jakarta, 23 November  2017
Penyusun

Kelompok 4




i






Daftar Isi
Kata Pengantar ………………………………………………………………………… i

BAB I            PENDAHULUAN ………………………………………………………. 3
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Maksud dan Tujuan
D.    Metode Penulisan
BAB II            LANDASAN TEORI …………………………………………………… 5
A.    Teori Sistem Informasi
B.     Teori Penerbitan dan Percetakan
BAB III          PROFILE PERUSAHAAN …………………………………………… 6
A.    Nama Perusahaan
B.     Sejarah
C.     Pemilik
D.    Lokasi
E.     Struktur Organisasi
F.      SDM
G.    Bisnis/usaha yang dijalankan
H.    Produk
Bab IV            PEMBAHASAN ………………………………………………………… 7
BAB V            KESIMPULAN …………………………………………………………. 11
BAB VI          DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………. .. 12















ii







BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Sistem Informasi merupakan pengembangan ilmu pengetahuan, karena makin kompleks nya kebutuhan manusia.  Sistem Informasi sudah digunakan di hampir setiap aspek kehidupan manusia. Termasuk industri. Untuk menjalankan proses industri yang panjang, Sistem Informasi menjadi jawaban untuk keefisienan proses industri tersebut.
Penerbitan dan Percetakan mejadi salah satu bidang industri media cetak yang tidak terlepas dari Sistem Informasi. Penerbitan dan percetakan merupakan bagian terpenting dalam terciptanya sebuah buku. Sebelum era globalisasi pada jaman sekarang, dahulu seluruh proses penerbitan dan percetakan dilakukan secara manual. Kini telah berkembang Sistem Informasi, yang memudahkan segala proses penerbitan dan percetakan.
Tidak banyak yang tau tentang penerbitan dan percetakan di Indonesia. Dengan dilatarbelakangi kesadaran akan kurangnya minat baca masyarakat Indonesia, yang meneyebabkan tidak begitu diketahunya tentang industri penerbitan dan percetakan, terutama tentang Sistem Informasi yang ada di dalamnya. Untuk itulah, makalah ini kami susun, untuk memberikan informasi mengenai Sistem Informasi di bidang penerbitan dan percetakan.

B.   Rumusan Masalah
1.      Apa manfaat Sistem Informasi di bidang Penerbitan dan Percetakan?
2.      Siapa yang menjalankan Sisem Informasi di Penerbitan Kompas Gramedia?
3.      Kapan Kompas Gramedia mulai menerapkan Sistem Informasi pada industrinya?
4.      Di bagian apa, Sistem Informasi diatur?
5.      Mengapa Sistem Informasi sangat diperlukan di industri Penerbitan dan Percetakan?
6.      Bagaimana proses penerapan Sistem Informasi pada industri Penerbitan dan Percetakan?


3





A.      Maksud dan Tujuan
Dengan dibuatnya makalah ini bermaksud untuk memenuhi standar ketentuan nilai mata kuliah Sistem Informasi, dan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca, mengenai apa itu Sistem Informasi, mengapa Sistem Informasi menjadi komponen penting dalam berbagai bidang, apa manfaat Sistem informasi dan bagaimana , implementasi Sistem Informasi pada Industri Penerbitan dan Percetakan.

B.      Metode Penulisan
1.      Metode Pustaka
Mencari bahan penulisan dari buku-buku dan informasi dari internet.
2.      Diskusi
Dalam penyusunan makalah ini, kami juga menggunakan metode diskusi, mengenai hal-hal yang rancu dan butuh pemecahan masalah dari berbagai pendapat anggota kelompok.






4




BAB II
LANDASAN TEORI
A.         Teori Sistem Informasi
-          Sistem
Adalah kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu (Baridwan,1985).
-          Informasi
Merupakan rangkaian data yang telah diproses/diolah kedalam bentuk lain sehingga memiliki arti/bermanfaat bagi penggunna untuk mencapai tujuan tertentu.
Jadi Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Alter,1992).

B.         Teori Penerbitan dan Percetakan
-          Penerbitan merupakan kegiatan intelektual dan profesional, dalam menyiapkan naskah, menyunting naskah, dan menghasilkan berbagai jenis bahan publikasi, kemudian memperbanyak dan menyebarluaskan untuk kepentingan umum
-          Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.



5





BAB III
PROFILE PERUSAHAAN
A.         Nama Perusahaan

(sumber : Wikipedia)
B.         Sejarah
Kompas Gramedia, disingkat KG, adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang media massa yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 1963, berawal dari terbitnya Majalah Intisari, Oleh P.K. Ojong dan Jakob Oetama. Kehadiran Kompas Gramedia tidak terlepas dari sejarah panjang demi mencapai cita-cita mulia dalam rangka mencerdaskan bangsa.
Pada tahun 80-an perusahaan ini mulai berkembang pesat, terutama dalam bidang komunikasi. Saat ini, Kompas Gramedia memiliki beberapa anak perusahaan/bisnis unit yang bervariatif dari media massa cetak maupun daring, toko buku, percetakan, penerbitan, radio, hotel, lembaga pendidikan, bentara budaya, penyelenggara acara, stasiun televisi, hingga universitas.
  C.      Pemilik

D. Lokasi
Jalan Palmerah Selatan 22-26, Jakarta





6





A.               E. Struktur Organisasi
B.                F. Sumber Daya
Kompas Gramedia memiliki 22.000 karyawan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia
C.               G. Bisnis/Usaha yang dijalankan
1.      Media
2.      Retail & Publishing
3.      Hospitaly
4.      Manufactures
5.      Event & Venue
6.      Education
D.               HProduk yang dihasilkan
1.      Harian Kompas
2.      Tribun
1.      Kontan
2.      Warta Kota
3.      Surya
1.      National Geographic
3.      Potret Negeriku
4.      Intisari
5.      Princess
6.      Barbie
7.      Cars
8.      Bobo
9.      Bobo Junior
10.  Hai
11.  Dll.





7







BAB IV
PEMBAHASAN
A.      Perangkat Teknologi informasi yang digunakan
Perangkat Keras
1.      Komputer
2.      Notebook
3.      Netbook
4.      Tablet
5.      Kamera Digital
6.      Radio
7.      Televise
8.      Scanner
9.      Faximile
10.  Printer
11.  Mesin Fotocopy
12.  Digital Printing
13.  Mesin cetak
Perangkat Lunak
  • Firmware (BIOS)
  • Sistem Operasi (Windows, Linux, Mac OS, dll)
  • Software Aplikasi (Photoshop, WinAmp, WinZip, dll)
  • Software Adobe Indesign

1.    Program pengolah kataPerangkat lunak pengolah kata  adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk p roduksi(termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word danOpenOffice.org Writer




8





2.    Software pengolah angka               
Software pengolah angka merupakan software yang paling sering digunakan juga oleh user, terutama untuk pengolahan data yang memerlukan berbagai macam penghitungan, pembuatan tabel, grafik, dan sebagainya. Salah satu contohnya adalah Microsoft Excel.
3.    Software pengolah grafis
       Aplikasi ini membantu dalam pengolahan gambar. Mulai dari melihat gambar, mengedit gambar, atau langsung menggambar dengan computer. Contoh aplikasi pengolah grafis adalah Adobe Photoshop, Microsoft Paint, dan Corel Draw
4.    Software penerbitan (publisher)
       Software ini biasanya digunakan dalam bidang penerbitan, seperti majalah, surat kabar, buku dan sebagainya. Software ini mampu menggabungkan tulisan dengan gambar dengan macam desain yang menarik. Biasanya software ini digunakan secara bersamaan dengan software aplikasi grafis. Contoh dari program ini adalah Pagemaker, Adobe InDesign, Ventura, QuarXpress dan sebagainya.
5.    Software pengolah data (Database)
       Software ini digunakan untuk mengorganisir dan memroses sekumpulan data. Data-data tersebut diorganisasaikan dalam bentuk struktur data seperti field, record, character, dan file. Program ini hamper sama dengan pengolah angka. Salah satu contoh dari program ini adalah Microsoft Access.
6.    Software multimedia
       Software multimedia ini biasa digunakan oleh user komputer terutama untuk keperluan presentasi yang banyak memanfaatkan animasi, suara (audio), maupun video. Dengan program ini kita bias mendengarkan music, menonton film, mengedit film (film editing) gaming hingga merekam suara. Untuk beberapa software dari jenis ini langsung disambungkan dengan jaringan internet. Contoh software multimedia ini antara lain Windows Media Player, iTunes, Real Player.


9





7.    Software aplikasi internet
       Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi internet adalah protocol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan dengan pihak lain yang berjauhan. Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum digunakan antara lain HTTP (Hypertext Transfer Protocol), e-mail (electronic mail), Messenger (software ini digunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih), dan sebagainya.
8.    Software presentasi
       Program ini digunakan untuk membuat presentasi elektronik. Dengan program ini presentasi yang berupa gambar atau tulisan dapat ditampilkan dengan desain yang menarik. Contoh program ini adalah MS Power Point, Harvard Grafik, Freelance Graphic dan sebagainya.
9. Virus dan antivirus
       CPAV (Central Point Anti Virus), Norton Anti Virus, Smadav dan sebagainya.





10








D.      Proses Distribusi
Setelah dari percetakan, buku-buku akan dikembalikan kepada penerbit. Dari penerbit, buku-buku akan didistribusikan oleh magnajer produksi, baik ke toko buku, perpustakaan, lembaga-lembaga pendidikan, instansi pemerintah, kelompok baca, dll.

Teknologi Informasi untuk memantau proses distribusi buku adalah; software pengolah data, seperti Microsoft Access. Fungsinya untuk mengetahui jumlah buku yang masuk dan terjual. Software pengolah angka juga termasuk dalam bagian ini.



11






BAB V
KESIMPULAN
Sistem Informasi memberikan kemudahan bagi setiap aspek kehidupan manusia dewasa ini. Dalam bidang Penerbitan dan Percetakan, ternyata Sistem Informasi sangat dibutuhkan, untuk menjalankan proses terjadinya sebuah buku. Dimulai dari tahap pengumpulan naskah, yang sudah menggunakan Teknologi Iformasi berupa software Email, dan Hardware berupa Komputer sampai pada distribusi, yang memerlukan Software pengolah data dan angka, untuk mengamati pergerakan barang dari penerbit ke konsumen.

Bayangkan jika Sistem Informasi tidak ada. Mungkin semua proses itu dapat terjadi. Namun, hasilnya tidak akan secepat dan se-efisien dengan menggunakan sIstem Informasi. Jadi, Kompas Gramedia adalah salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia yang berbagai anak perusahaan juga tersebar di Indonesia dan pemanfaatan Sistem Informasi untuk menghubungkan antara anak perusahaan dengan anak perusahaan, dan antara anak perusahaan dengan perusahaan utama, diperlukan sistem informasi.




12












BAB VI
DAFTA PUSTAKA
1.      Kompas Gramedia http://www.kompasgramedia.com/
2.      Kurniawan,  Yudi. 2012. “Dari Kertas Menjadi Buku: Proses Panjang Publikasi Sebuah Ilmu” https://www.kompasiana.com/yudikurniawan/dari-kertas-menjadi-buku-proses-panjang-publikasi-sebuah-ilmu_551880ca81331129699de6e1 diakses pada, 24 Juni 2015 pukul 22:44.
4.      Sopian, Yayan. 2012. “Software Aplikasi” http://tikomsmp.blogspot.co.id/2012/04/software-aplikasi.html , diakses pada pukul 08.43

5.      Catatan Mata Kuliah Pengantar Ilmu Penerbitan dan Pengantar Ilmu Grafika






13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar