Senin, 25 Desember 2017

Si Bulat-Bulat Putih nan Mungil

Apa yang ada dipikiranmu, ketika mendengar kalimat “Si Bulat-Bulat Putih nan Mungil”? jika yang ada dipikiranmu adalah makanan, maka jawabannya adalah benar. Yup! “Si Bulat-Bulat Putih” ini adalah Cimol. Kalian semua pasti kenal kan dengan jajanan khas Bandung yang kenyal-kenyal dengan dan bulat mungil ini. Hanya dengan bahan utama tepung kanji, Cimol dapat tercipta dan mejadi jajanan legendaris, yang hampir ada disetiap jajanan SD. Selain karena harganya yang murah, Cimol banyak digemari karena rasanya yang gurih, kenyal dan pastinya maknyuss!
Cimol itu singkatan loh kawan . Ci = Aci, dan Mol = digemol jadinya, “Aci digemol”,  yang artinya tepung kanji yang dibuat menjadi bentuk bulat-bulat, dan dimasak dengan cara digoreng. Cimol sangat enak jika disantap waktu masih hangat dan disajikan dengan berbagai bumbu. Tidak heran jika hampir di setiap SD Cimol selalu menjadi salah satu jajanan yang selalu ada. Wah, Cimol ini cukup legendaris juga yaa.
SD Negeri Curug 4, merupakan salah satu dari banyak SD yang terdapat jajanan Cimolnya. Sebut saja “Bang Beol”, nama penjual Cimol yang terkenal di sana. Jika kita berkunjung ke kantin jajanan SD Negeri Curug 4, hanya dengan menyebut “Cimol Bang Beol”, semua pelajar di sana pasti sudah tau. Selain karena Bang Beol yang ramah dan suka memberi bonus, Cimol Bang Beol juga disajikan dengan berbagai rasa, diantaranya; balado, jagung bakar, barbeque dan jagung manis. Cimol bang Beol dihargai mulai dari Rp.1000,00 dengan jumlah15 butir Cimol. Bagaimana cukup memuaskan bukan?
Cita rasa dari Cimol sangat khas loh kawan, terutama jika disajikan waktu hangat. Saat cimol masuk ke mulut untuk pertamakalinya, akan tercipta rasa guih dan kenyal. Untuk menambah cita rasa, kalian patut mencoba semua varian rasa yang ada di bang Beol ini loh kawan. Karena, selain gurih dan kenyal, Cimol bang Beol juga memiliki banyak varian rasa, membuat rasa Cimol semakin nendang. Kita tidak hanya dapat memesan satu varian rasa, namun semua varian rasa boleh dijadikan satu bersama-sama dengan Cimol.

Bahan dan cara membuat Cimol, cukup mudah dan praktis loh kawan. Untuk bahannya terdiri dari; Tepung kanji, tepung beras, tepung terigu, merica, penyedap rasa, dan air panas secukupnya. Semua bahan-bahan disesuaikan dengan porsi yang diinginkan. Setelah itu, semua bahan dicampur menjadi satu, kemudian dibentuk bulat-bulat sesuai selera, lalu goreng dalam minyak panas. Jangan lupa untuk selalu menggoyang-goyangkan Cimol, supaya menggembang dengan sempurna dan tidak gosong. Cara penyajian Cimol bang Beol biasanya menggunakan plastik, mika, piring, dan tusuk gigi.
Lalu bagaimana sih, kira—kira kandungan gizi yang terdapat dalam Cimol? Bahan utama Cimol yaitu Tepung Kanji. Tepung Kanji merupakan tepung yang terbuat dari singkong yng dihaluskan, nama lain dari tepung ini adalah tepung Tapioka. Berikut kandungan yang terdapat dalam tepung Tapioka;
1.      Zat Besi
2.      Karbohidrat
3.      Rendah natrium
Sudah jelas sekali bukan? kandungan Zat besi ini, berperan dalam pembentukan tulang, Karbohidrat sebagai sumber energi. Wah, sangat cocok nih untuk pertumbuhan anak SD yang sedang aktif-aktifnya dalam melakukan aktivitas. Namun perlu diperhatikan juga nih , dalam mengonsumsi bumbu tabur. Menurut dr.Lili Dwiyani, bumbu tabur memiliki zat untuk meningkatkan rasa bumbu itu sendiri. Zat tersebut bernama MSG tau Monosodium Glutamat. Meskipun ditetapkan oleh BPOM sebgai bahan makanan yang ama, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, akan menimbulkan efek samping diantaranya radang tenggorokan, mual, nyeri dada, dll. Untuk itu, bumbu taburnya jangan banyak-banyak ya teman. Bila perlu setelah mengonsumsi Cimol dengan bumbu tabur, usahakan selalu minum air putih.
Si Bulat-Bulat Putih ini cocok untuk kamu yang doyan nyemil dengan berbagai rasa. Tidak lupa juga Cimol dapat dibuat sendiri di rumah loh kawan. Jadi, selain murah meriah, Cimol juga sangat praktis. Pantas saja anak-anak SD menyerbu si Bulat-Bulat Putih ini, selain harga murah dan banyak, ternyata rasanya kenyal-kenyal dan juga guri. Yumiiii!!!!. (RT).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar